Teori Ekonomi Politik Media
Dalam teorinya, Vincent
Moscow mendeskripsikan teori ekonomi politik media sebagai sebuah studi yang
mengkaji tentang hubungan sosial. Utamanya kekuatan dari hubungan sosial yang
secara timbal balik, meliputi proses produksi, distribusi dadn konsumsi
produksi. Kemunculan teori ini didasari oleh besarnya pengaruh media terhadap
perubahan kehidupan masyarakat. Dalam hal ini media memiliki peran signifikan
dalam peningkatan surplus ekonomi.
Dalam teorinya, Mosco
menawarkan tiga konsep dasar untuk memahami terkait ekonomi politik media. Diantaranya
Komodifikasi, Spasialisasi, dan Stukturasi.
Komodifikasi, merupakan proses
dimana produk media
yang berupa informasi dan hiburan, menjadi barang dagang yang dapat dipertukarkan dan bernilai ekonomis. Dalam konsep
komodifikasi ini, Moscow membaginya dalam tiga bagian, yakni Komodifikasi
Konten, Komodifikasi Audiens atau Khalayak, dan Komodifikasi Pekerja.
Spasialisasi, pada konsep ini dimaknai sebagai perpanjangan institusional media melalui bentuk
korporasi dan seberapa besar bentuk usaha media tersebut. Ukurannya media dalam
konsep ini dapat berbentuk
horizontal maupun vertikal. Dalam bentuk horizontal. perpanjangan ini biasanya
menjelma dalam bentuk-bentuk konglomerasi, yang memunculkan tindakan monopoli. Sedangkan spasialisasi vertikal adalah proses integrasi antara induk
perusahaan dan anak perusahaan, yang dilakukan dalam satu garis
bisnis untuk memperoleh sinergi. Terutama
untuk memperoleh kontrol dalam produksi media
Terakhir, konsep strukturasi. Konsep ini menyangkut
tentang hubungan sosial, kelas sosial, dan hal-hal yang berhubungan dengan
struktur masyarakat, yang berpengaruh dalam produksi suatu media. Dalam konsep
ekonomi politik media, struktur sosial inisangat penting dalam membangun
hubungan antar kelas atau bagian yang ada, dengan tujuan demi memetakan
informasi apa yang bisa di sampaikan. Dengan berdampak, masyarakat memberikan
feedbsck terhadap informasi tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar